Selasa, 28 September 2010

Perkataan Lembut Ibu Ternnyata Tenangkan Anak

Suara ibu yang berasal dari telepon sama efektifnya dengan pelukan dalam mengurangi ketegangan anak

Hidayatullah.com--Tim peneliti Amerika menemukan bahwa kata-kata lembut dari seorang ibu dapat meredakan ketegangan fisik anaknya dan mengurangi tingkat hormon stres yang dikeluarkan oleh tubuh anak.

Artikel yang diterbitkan jurnal Royal Society Inggris menyatakan bahwa suara ibu yang berasal dari telepon juga sama efektifnya dengan pelukan dalam mengurangi ketegangan anak.

Ketika kita gelisah, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang berbahaya bagi kesehatan setelah terakumulasi dalam jangka panjang.

Alam memberikan hormon lain disebut oksitosin yang dapat menyingkirkan hormon kortisol. Salah satu cara meningkatkan hormon oksitosin dengan sentuhan atau pelukan dari seseorang yang dekat dengan kita secara emosional.

Saat ini ilmuwan telah menemukan jika suara seorang ibu–bahkan suara telepon yang berasal dari ribuan km jauhnya–dapat menghasilkan efek yang sama.

Para peneliti di University of Wisconsin-Madison melakukan beberapa eksperimen. Anak-anak diminta melakukan suatu hal yang menegangkan di depan orang asing dan tingkat hormon kortisol mereka diukur pada saat yang sama.

Para peneliti menemukan bahwa setelah anak-anak ini berbicara dengan ibunya, kenaikan tingkat hormon oksitosin mereka sama kenaikan tingkat oksitosin ketika dipeluk oleh ibu mereka.

Dr. Seth Pollak, salah seorang peneliti, mengatakan bahwa studi selanjutnya kemungkinan berkaitan dengan metode interaksi atau isi pesan yang disampaikan.

Peneliti merasa bahwa saat ini mereka hanya menguji anak-anak sebelum pubertas dan berasal dari keluarga normal. Mereka pikir jika studi dilakukan pada remaja, hasilnya mungkin akan sedikit berbeda. [secret china/erb/hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar