Jumat, 24 September 2010

Ternyata Gaya Hidup Ibu Berdampak pada Kesehatan Anak

Terdapat bukti ilmiah yang mengungkapkan besarnya peranan orang tua serta kondisi kehidupan keluarga dalam kesehatan anak

Hidayatullah.com--Surat kabar Inggris Observer menulis, terdapat kemungkinan terjadinya serangan kanker pada anak-anak akibat dari gaya hidup ibunya yang kurang sehat, meskipun kondisi itu terjadi sebelum kehamilan. Beberapa faktor utamanya seperti merokok, minum alkohol, dan beberapa zat-zat beracun lainnya yang termakan saat dalam kehamilan, akan menyebabkan serangan kanker pada masa akhir hidupnya. Demikian dilansir Al-Jazeera.net (19/9).

Menurut seorang pakar dan spesialis gizi terkemuka, Prof. Ricardo Yu, kemungkinan seorang anak untuk terkena penyakit kanker tersebut bisa saja terjadi sejak sebelum kehamilan. Hal ini tergantung pada pola hidup sang ibu sebelum dan selama kehamilan.

Profesor yang juga merupakan penasehat WHO tersebut mengatakan bahwa kebiasaan sang ibu seperti merokok atau minum alkohol dapat memainkan peranan penting dalam kerentanan anak terkena kanker.
Seorang peneliti di Fakultas Kesehatan dan Kedokteran London mengatakan, kemungkinan anak terkena kanker itu akan meningkat tergantung pada gen orang tua dan kebiasaannya setelah pubertas. Terdapat bukti ilmiah yang mengungkapkan besarnya peranan orang tua serta kondisi kehidupan keluarga dalam kesehatan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar