Jumat, 07 Januari 2011

"Peluk-Cium" Cara Saudi Atasi Penculikan Bayi

Bayi dilengkapi dengan alat yang akan berbunyi jika terjadi beberapa kesalahan
Meningkatnya jumlah penculikan bayi dari rumah-rumah sakit Saudi beberapa waktu terakhir memaksa pemerintah untuk memikirkan penanggulangannya. "Peluk-Cium" pun dipilih untuk mencegah penculikan bayi.

Sebagaimana dilansir Arab News (5/1), Menteri Kesehatan Dr. Abdullah Al-Rabiah baru-baru ini meninjau ujicoba pelaksanaan sistem baru yang diterapkan di RS. Anak dan Bersalin Jeddah yang terletak di distrik Aziziyah.

Kementerian memperkenalkan sistem baru, setelah beberapa waktu terakhir terjadi peningkatan jumlah penculikan bayi dan bayi tertukar tidak sengaja di rumah-rumah sakit Saudi.

Menurut Direktur Departemen Urusan Kesehatan Jeddah Dr. Sami Badawud, ujicoba tersebut berhasil dan bisa diperkenalkan di rumah sakit lainnya.

"Kami akan menjadi rumah sakit pemerintah pertama di Jeddah yang menggunakannya," kata Dr. Yasir Al-Ghamdi, kepala rumah sakit.

Menurut Al-Ghamdi, mereka juga akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi alat yang dipergunakan dalam sistem "Hugs and Kisses", peluk dan cium.

Alat yang disebut "peluk" dilekatkan pada tubuh bayi, sementara alat "cium" dipasang di pergelangan tangan ibunya. Jika bayi diserahkan ke tangan ibu yang salah, maka alarm akan berbunyi. Alat itu bekerja sepanjang waktu dan aktif begitu alat dipasang pada bayi. Dengan sistem ini bayi tidak bisa dibawa keluar dari ruang perawatan, kecuali orang yang membawanya memiliki kata sandi untuk keluar. Kata sandi hanya diberikan kepada para dokter yang berwenang.

Sistem pengamanan juga terhubung secara otomatis dengan pintu-pintu dan elevator. Jika alarm berbunyi, otomatis pintu akan terkunci dan elevator tertahan.

Al-Ghamdi menyangkal laporan yang mngatakan bahwa perangkat yang digunakan berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. "Alatnya berfungsi menggunakan baterai. Studi menunjukkan bahwa tidak ada efek samping saat menggunakan sistem itu."

Perangkat  "Peluk dan Cium" dinilai dapat memberikan perlindungan yang maksimal untuk bayi dan ibunya dan telah digunakan di RS. International Medical Centre (IMC) di Jeddah sejak tahun 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar