Senin, 23 Agustus 2010

Cara Menngatasi Anak Yang Main Seharian

Assalammu'alaikum, Saya punya 2 anak yang tinggal bersama orang tua saya di kampung sedangkan saya & suami kerja di lain kota. Setiap kami pulang saya pehatikan anak saya yang laki-laki dan sudah kelas satu SMP selalu main di tempat temannya dan selalu pindah-pindah jadi susah dicari dan pulang menjelang mahgrib, kalau kami tanya selau jawabnya hanya main saja dan sewaktu kami nasehati anak saya tidak pernah membantah dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi, tapi setelah itu besoknya dia pergi main lagi setelah pulang sekolah bahkan sering lupa makan siang. Apa yang harus kami lakukan terhadap anak saya yang bandel seperti ini ? sedangkan waktu kami bertemu hanya akhir pekan. Tolong kasih solusi pada kami, dan sebelumnya terima kasih atas jawaban yang di berikan. Wassalammu'alaikum.
Darwanti
 
Jawab :
 
Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, bu Darwati yang dicintai Allah, bu, mengenai anak ibu yang suka pulang dan main seenaknya, bila ibu dan ayahnya ketemu anak hanya seminggu sekali susah bu, anak tidak ada yang mengawasi. sebelum terlibat pergaulan yang memprihatinkan bila tidak ada yang bisa dititipi, maka baiknya ibu masukan dia ke pesantren saja, toh ibu juga ketemu sepekan sekali, tiap pekan saja menengok anak ibu di pesantren insya Allah lebih teratur dan terdidik bu. Solusi lain, jujur saja saya tidak tahu, karena anak tidak akan bisa berhasil dan aman bila orangtuanya tidak ada, bagaimana mungkin siapa yang membimbing dia, nonsens akan bagus tanpa bimbingan, walau ada itupun rezeki dari Allah, saya saja yang intens dan galak sama anak, masih kewalahan dan terus mendidik dan mendoakan, apalagi bila ketemu hanya sepekan sekali, saya rasa susah dan solusinya saya tidak tahu, kecuali masukkan pesantren dan komunikasi dengan guru ya nanti. Wassalammu’alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar