Senin, 02 Agustus 2010

Magaimana Mengatasi Anak Yang Malas Belajar

Bagaimana cara mengatasi anak yg baru duduk di kelas 2 SD tapi sudah tidak mau meneruskan sekolah lagi ?
 
Iis Aisah
 
Jawab :
 
 Assalammu’alaikum Bu Iis yang dirahmati ALLAH, Bu Is…anak tidak mau masuk sekolah ada banyak faktor :
  1. Terlalu dekat dengan ibunya dan lebih senang dirumah dengan ibunya kayak anak saya juga gitu, kalau sekolah malas maunya homescholing sama umi, tapi saya tidak mau, he he...Solusinya : ibu tekankan bahwa ibu akan terus dirumah dan menanti anak ibu dirumah dan anak ibu harus sekolah karena anak-anak tempatnya kalau siang adalah disekolah dan tugasnya belajar, kalau yang ini harus tegas namun ketika anak pulang, ibunya harus berikan perhatian ekstra padanya.
  2. Ada anak yang membully dan dia tidak nyaman dan tidak berdaya untuk melawan, kalau ini solusinya ibu tanya baik-baik ceritanya, agar tidak salah dalam tindakan, lalu laporkan gurunya. Dan ajarkan anak untuk menolak dibuly dan istighfar dan segera laporkan lagi gurunya bila tidak ada perubahan. Sebagai cerita dulu anak saya dibully disekolahnya lalu saya pagi-pagi, sebelum gurunya masuk saya masuk kelas, lalu saya pura-pura jadi guru dan saya langsung cerita intinya anak yang membully itu tidak baik dan kalau diteruskan bisa masuk neraka dan anak yang dibuly harus menolong kawan yang membuly dengan cara menasehati kawan yang membuly dan melaporkan pada gurunya, dan ajak anak untuk melakukan kegiatan bersama-sama dan saling memaafkan, cukup efektif tuh bu, saya masuk kelasnya hanya 10 menit, dan saya tanya : siapa yang suka membuly?atau meledek kawannya? Maka ada yang angkat tangan, lucu deh, kok nakal tapi ngaku, lalu saya elus kepalanya dan saya katakan kamu tidak akan membuly lagi kan sayang, tolong bantu jaga kawan-kawan dikelasmu agar tidak membuly lagi, lalu saya keluar kelas terpergok gurunya dan saya hanya senyum. Besoknya saya ketemu kawan-kawan anak saya dan saya kasih kue-kue yang murah saja namun bagus  seperti wafer kecil-kecil).
  3. Faktor lain karena dimarahin gurunya, atau ada pelajaran yang tidak dimengerti atau ada yang mengancam, dalam perjalanan atau ketika pulang sekolah.
Sebetulnya sebab utama anak ibu tidak masuk sekolah yaa, ibunyalah yang paling tahu, tanyakan dan komunikasikan saja bu dan cari akal untuk mengatasinya, karena yang penting mendapat keterangan yang benar dan kemudian membujuknya sampai dia mau. Dan ketika dia mau, kita wajib memantau dan mengatakan bahwa kita selalu  siap membantu anak kita, selama dia bersekolah dan ada permasalahan disekolah. Salam sayang ananda. Info dari ibu sangat sedikit jadi saya jawabannya sangat luas, semoga ada yang tepat dan berguna, wassalammu’alaikum.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar