Kamis, 24 Juni 2010

Bagaimana Anak Tertarik Untuk Membaca

Anak yang baru tumbuh biasanya mulai belajar untuk mengeja kata-kata. Oleh karena itu sedari dini kita harus berperan aktif membantu anak kita yang mulai belajar membaca. Namun terkadang kita menemui kesulitan ketika anak tidak suka atau malas saat kita ingin mengajarkan membaca kepada anak, untuk itu kita perlu beberapa cara untuk menarik anak agar mereka tertarik untuk membaca.
 
Pertama; Carilah bentuk buku dan gambar yang menarik bagi anak, atau carilah gambar-gambar yang disukai oleh anak. kemudian kita harus bisa membuat suara-suara yang menarik dari kata yang ada didalam buku atau gambar tersebut sehingga anak jadi tertarik untuk melihat isi buku tersebut.
 
 
Kedua ; Membaca merupakan suatu ketrampilan, membiasakan anak membaca setiap hari agar keterampilannya semakin terasah. Agar tidak bosan perbaharuilah buku-buku lama dengan buku-buku yang asing baginya.
 
 
Ketiga ; Buatlah anak terfokus pada pilihan kata tertentu, maksudnya adalah hadirkanlah buku dengan pilihan kata yang sering dimunculkan. Misalnya, huruf yang ada dalam kata itu sendiri atau berupa padanan atau sinonim atau persamaan dari kata-kata yang disukai anak.
 
Keempat ; Perkayalah penguasaan kata bagi anak dengan menambah kata-kata baru yang mirip namun memiliki arti berbeda.
 
Kelima ; Ajarilah anak untuk pengejaan kata-kata yang sulit di eja.
 
            Dengan kelima cara ini,akan mempermudah kita dalam mengajarkan dan membuat anak tertarik untuk membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar