Kamis, 17 Juni 2010

Terapi Anak Hiperaktif dan Ada Autis (ringan)

Assalamu'alaikum,
Saya punya anak usia 8 tahun 7 bulan, laki-laki, abk dengan hiperaktif dan autis. Dari kecil (4 tahun) kami sudah melakukan terapi-terapi, Alhamdulillah, ada perubahan-perubahan. Cuma sampai sekarang sifat hiperaktifnya masih ada, dan kadang kita menipis kesabarannya. Saya memasukkan sekolah di SDN inklusi bogor, kelas 2.
Pertanyaan saya;
  1. Apakah anak abk tersebut bisa mencapai taraf prestasi sama dengan anak normal?
  2. Bagaimana cara yang dapat saya lakukan/terapi-terapi di rumah?
  3. Adakah obat-obatan (herbal) tertentu yang dapat membantu?
  4. Sampai kapankah anak abk tersebut mencapai 'kesembuhan' atau normal?
Syukron jazakillah kasiron
wassalamu'alaikum
ummu maulana



Jawaban

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Ummu Firdaus yang dirahmati Allah,
Memasukkan anak "special needs" ke sekolah yang menerapkan sistem inklusi adalah pilihan tepat. Karena anak-anak special needs ini belajar di kelas yang sama dengan anak-anak pada umumnya, tetapi mereka memperoleh layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Baik berkaitan dengan materi, strategi pembelajaran, media yang digunakan maupun evaluasinya.
Sehingga perkembangan tumbuh kembang maupun kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anak mengalami kemajuan. Anak dengan special needs juga ada yang mempunyai kemampuan IQ (Intelegence Quetion) yang memadai bahkan ada juga yang di atas rata-rata anak pada umumnya.
Sehingga ummi tidak perlu terlalu mengkhawatirkan prestasinya. Jikapun ternyata IQ ananda masih di bawah rata-rata anak seusianya, sebaiknya ummi membantu ananda dengan memberikan remedial pada pelajaran-pelajaran tertentu. Misalnya : remedial untuk pelajaran berhitung (matematika) untuk membantunya menguasai konsep berhitung, dan lain-lainnya.
Hal yang paling penting yang perlu ummi lakukan adalah memberikan stimulasi atau terapi-terapi yang sesuai dengan kebutuhan ananda. Untuk hal tersebut sebaiknya ummi meminta report dari terapis yang membantunya selama ini. Sehingga ummi akan dapat mengetahui kemajuan yang sudah tercapai maupun kemampuan yang belum tercapai. Setelah itu ummi baru bisa mengevaluasi apa saja yang perlu diberikan untuk ananda.
Adapun mengenai obat-obatan (herbal), saat ini mohon maaf saya belum mendapatkan informasi yang memadai. Namun "akupuntur khusus untuk Autisme" dari informasi yang saya dapatkan sudah teruji cukup berhasil membantu mengurangi hiperaktif dan merangsang pusat bicara. Untuk hal ini, sebaiknya didiskusikan dengan ahlinya.
Di samping itu, untuk membantu mengurangi hiperaktifnya. Sebaiknya ananda mengikuti program "behavior therapy" (terapi perilaku) dalam upaya untuk membantu ananda mematuhi aturan atau norma-norma yang berlaku dalam masyarakat kita.
Ummu Firdaus yang sabar,
Sebagai manusia kita hanya disuruh untuk berusaha semampu kita. Adapun untuk urusan hasil semuanya adalah hak Allah SWT Yang Maha Rahmaan Rahiim.....
Dan Dia Yang Maha Rahman Tidak akan pernah menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang ikhlas. Insya Allah dengan terapi-terapi yang disesuaikan dengan kebutuhan ananda dan do'a ikhlas ummi. Suatu hari nanti ananda akan keluar dari kesulitan yang dialaminya saat ini. Dan saya turut berdo'a semoga ananda mencapai titik kesembuhan seperti yang ummi dan keluarga harapkan. Aamiin.
Wallahu a'lam bisshawab
Namih Al Faisal, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar