Senin, 28 Juni 2010

Makanan yang Tak Diperkenankan bagi Bayi Anda


Guardian
Ini Lo, Makanan yang Tak Diperkenankan bagi Bayi Anda
ilustrasi
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Orang tua baru kerap bingung saat mengenalkan makanan pertama bagi buah hatinya yang berusia di bawah 12 bulan. Pada prinsipnya, kata situs Babycenter, semua makanan boleh diperkenankan pada anak, asal porsinya tidak berlebihan. Namun, mereka menyarankan untuk tidak memberikan beberapa. Apa saja?



Ini dia:

* Jangan memberikan madu yang terlalu pekat konsentrasinya. kalaupun mau mengenalkan, misalnya jenis madu Khasmir, sebaiknya diencerkan lebih dulu.

* Jangan memberikan selai kacang. Selain lengket dan sulit ditelan, pada beberapa bayi juga berisiko alergi.

* Susu sapi segar atau full cream. Sebaiknya, satu-satunya susu yang diberikan bagi buah hati Anda adalah air susu ibu. Namun bila terpaksa, susu formula yang dirancang khusus untuk bayi tak mengapa. Mengapa? Bayi Anda tidak dapat mencerna protein dalam susu sapi untuk tahun pertama, bahkan, banyak sumber menyatakan susu sapi murni mengandung mineral dalam jumlah banyak yang dapat merusak ginjalnya.

* Hindari memberikan makanan dalam potongan besar. Hal ini untuk menghindari makanan tertelan dan terjebak dalam tenggorokan anak Anda. Sayuran seperti wortel, seledri, dan kacang hijau harus dipotong dadu, sebelum dimasak. Potong buah-buahan seperti anggur, tomat ceri, bola melon dan menjadi empat sebelum disajikan. Potong daging dan keju menjadi potongan-potongan yang sangat kecil  sebelum disuapkan pada anak.

* Jangan memberikan makanan keras seperti kacang-kacangan, popcorn,  permen keras, kismis, dan buah kering lainnya. Meski kecil, tapi potensial membuat anak tersedak. kecil dan bibit potensi bahaya tersedak.

* Hati-hati memberikan makanan lunak seperti marshmallow dan permen jelly. Potensial tersangkut di tenggorokan anak Anda.

* Hindari membiarkan anak Anda makan di mobil. Ini terlalu sulit untuk mengawasi saat mengemudi.
Red: Siwi Tri Puji.B
Sumber: Babycenter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar