Kamis, 24 Juni 2010

Mengajari Anak Membaca Sejak Dini (Reading Milestone)

(Terjemahan dari artikel online yang ditulis oleh Barbara P. Homeier)
Mengajarkan anak membaca sejak dini, akan memudahkan mereka untuk mengenal kata dan berbicara seiring dengan bertambahnya usia mereka. Setiap anak memiliki fase perkembangan, dan masa/periode yang berbeda-beda pada tiap tingkat perkembangannya.
Bayi (0 – 1 tahun)
Biasanya anak mulai dengan

:
  • Meniru suara yang mereka dengar dalam bahasa
  • Merespon jika diajak berbicara (dengan meracau, dsbnya)
  • Melihat gambar
  • Meraih buku dan mencoba membuka halaman dengan bantuan orang lain
  • Merespon cerita dan gambar dengan bersuara sambil menunjuk/menepuk gambar
Toddlers (Usia 1–3 tahun )
Biasanya anak akan memulai dengan :
  • Mengidentifikasi atau menjawab pertanyaan seputar benda/objek yang dilihatnya dalam buku- seperti “Sapinya ada di mana?” atau “Sapi bilang apa, Ma?”
  • menyebutkan nama gambar yang sudah dikenali
  • menunjuk untuk mengenali nama benda/objek
  • berpura-pura membaca buku
  • menyelesaikan kalimat terakhir dari buku yang sudah sangat mereka kenali
  • mengacak-acak kertas buku
  • mengenali nama buku dan mengidentifikasi buku tersebut dengan melihat gambar depannya
  • membolak-balik halaman
  • memiliki buku favorit dan meminta untuk terus dibaca ulang
Preschool (Usia 3 tahun )
Biasanya anak akan memulai dengan :
  • meng-explore buku secara mandiri
  • mendengarkan buku cerita yang dibaca dengan suara yang keras
  • menceritakan kembali buku cerita yang sudah dikenalinya
  • menyebutkan huruf
  • menyanyikan lagu A-Z
  • membuat symbol seperti tulisan (coret-coretan)
  • meniru membaca buku dengan keras
Preschool (Usia 4 tahun )
Biasanya anak akan memulai dengan :
  • mengenal tanda/label yang sudah ‘familiar’, misalnya tanda/label pada kendaraan atau mobil truk ‘container’
  • membuat kalimat atau celotehan yang “asal”
  • mengenali dan menulis beberapa huruf dari rangkaian alphabet
  • membaca dan menulis nama mereka
  • menyebut huruf atau bunyi yang mengawali kata
  • mencocokkan beberapa huruf dengan bunyi pelafadzannya
  • menggunakan huruf yang ’familiar’ untuk menulis kata.
Kindergarten (Usia 5)
Biasanya anak akan memulai dengan :
  • memahami susunan kata dan bermain menyusun kata
  • mencocokkan kata yang diucapkan dengan tulisan
  • memahami bahwa buku cerita dibaca dari kiri ke kanan, atas ke bawah
  • menuliskan beberapa huruf dan angka
  • mengenali kata-kata yang sudah ‘familiar’
  • menebak apa yang akan terjadi pada cerita selanjutnya
  • menceritakan kembali isi cerita yang sudah mereka simak/dengarkan
Nah..mudah-mudahan dengan memahami hal-hal dasar dari proses pengenalan huruf, membaca dan berbicara pada anak sesuai dengan usianya, kita dapat lebih terpacu untuk mengamati dan melatih perkembangan anak dalam berbicara.Jangan lupa biasakan anak dengan perilaku dan perkataan yang santun. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar